Bersyukur

Semua yang ada di bumi ini kepunyaan Allah. Quran dan hadits mengajarkan kita agar menerima apa yang kita miliki. Begitu banyak referensi yang mengingatkan kita untuk selalu bersyukur. Banyak pula orang pandai yang memprioritaskan hidupnya untuk bersyukur.

''Waktu kelaparan, masih banyak orang yang lebih lapar dari saya. Susah, masih banyak yang susah dari saya. Jadi dinikmati saja,'' itulah penggalan perbincanganku dengan Dik Doank kala berbagi pengalamannya ketika ia berhaji. Yah. Sosok low profile itu memberi pesan dan mengingatkan kita kembali tentang makna syukur.


Semoga kita pun tak lupa peringatan Allah yang telah di nash dalam Quran, "Barang siapa yang selalu bersyukur, maka syukur itu untuk dirinya sendiri." Gonjang ganjing ekonomi, beragam ujian yang datang justru kerap membuat kita lupa pada Allah, lupa bahwa begitu banyak rizki yang dilimpahkan Allah pada ciptaan-Nya.

Padahal jiwa-jiwa yang tenang tak perlu khawatir akan kehidupan duniawi yang fana ini. "Ketahuilah sesungguhnya hanya dengan mengingat Allah, hati menjadi tenang," Solusi ketenangan jiwa ini telah diberikan Allah melalui salah satu Firman-Nya.

Ya Robbul Hakim, pilihlah kami sebagai hamba yang selalu bersyukur, amin. Wallahu a'lam bish shawab